">

Senin, 10 Desember 2012

Dramatis, United Bungkam Tetangga Berisik



Pertandingan panas tersaji di Etihad Stadium pada Minggu (09/12). Derby Manchester mempertemukan tuan rumah Manchester City melawan Manchester United.

Dua gol Wayne Rooney sempat dibalas oleh Yaya Toure dan Pablo Zabaleta. Namun kemudian Van Persie menjadi penentu kemenangan United dengan gol tendangan bebas pada injury time.

Pertandingan ini bertabur beberapa rekor. Rooney berhasil mencetak gol ke 150 di Premier League bersama United sekaligus melewati catatan gol Sir Bobby Charlton. Hasil ini juga menjadi kekalahan pertama City di ajang Premier League musim ini.

City mengawali laga dengan agresif, mereka mengurung pertahanan United pada 10 menit awal pertandingan. Peluang demi peluang mereka ciptakan namun selalu berujung kegagalan. United terkesan menunggu saja namun mereka bertahan dengan sangat baik, jauh berbeda dari laga Premier League sebelumnya ketika melawan Reading.

Terus ditekan, United berhasil mencetak gol lewat peluang pertama yang mereka dapat. Ashley Young menyisir lewat sayap kiri sebelum mengirim umpan kepada Wayne Rooney. Serangan kilat United itu berhasil dituntaskan dengan tendangan pelan yang bersarang di pojok kanan bawah gawang Joe Hart.

City semakin kesulitan setelah kapten tim Vincent Kompany nampak cedera dan digantikan oleh Kolo Toure. City secara umum masih menguasai permainan, namun tetap kesulitan membongkar rapatnya pertahanan United.

Di bawah tekanan tuan rumah, United justru mempu menggandakan keunggulan. Rafael melakukan overlap lewat sisi kanan dan mengirim umpan silang yang berhasil dihujamkan ke gawang Hart untuk kedua kalinya pada menit ke 29.

Kehilangan Kompany berdampak besar terhadap kepercayaan diri pertahanan City. Meski saling bertukar serangan, tak ada gol tambahan tercipta hingga babak pertama usai. United memimpin 2-0 di kandang City.

United memasuki babak kedua dengan lebih menyerang. Ashley Young berhasil membobol gawang Hart pada menit ke 58, namun dianulir oleh wasit karena dianggap offside. Dari tayangan ulang, posisi Young sebenarnya terlihat onside.

Dua menit berselang, City berhasil mereduksi kekalahan lewat gol Yaya Toure. David De Gea sebenarnya sudah membendung dua dua tembakan Sergio Aguero, namun ia tak mampu membendung tendangan Yaya Toure.

United mengajukan protes ketika Patrice Evra dijatuhkan Kolo Toure di kotak penalti City. Wasit menganggap tak ada pelanggaran dan pertandingan dilanjutkan.

City terus berusaha menggempur pertahanan United, salah satunya melalui tendangan silva yang dipantulkan De Gea ke tiang gawang. City akhirnya mendapatkan gol penyeimbang mereka lewat tendangan Pablo Zabaleta dari luar kotak penalti. 2-2 skor pada menit ke 86.

Drama terjadi pada menit kedua perpanjangan waktu. Tendangan bebas Robin van Persie dari luar kotak penalti berbelok arah setelah menyentuh kaki Samir Nasri. Joe hart tak berdaya menghentikan bola yang memang menghantam tiang sebelum meluncur masuk ke gawangnya. United unggul 3-2!

Sempat terjadi insiden yang membuat pelipis Rio Ferdinand berdarah. Belum jelas apa yang terjadi, namun pemain kedua tim nampak dipenuhi emosi di sisa pertandingan.

United berhasil mempertahankan keunggulan dan memenangkan pertandingan. hasil ini membuat United semakin kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan enam poin dari City.

Susunan pemain City: Hart; Zabaleta, Kompany (Kolo Toure, 21'), Nastasic, Clichy; Yaya Toure (Dzeko. 84'), Barry; Nasri, Aguero, Silva; Balotelli (Tevez, 52').

Susunan pemain United: De Gea; Rafael, Ferdinand, Evans (Smalling, 59'), Evra; Valencia (Jones, 84'), Cleverley (Welbeck, 88'), Carrick, Young; Rooney, Van Persie.


Statistik City - United
Ball possession: 56% - 44%
Shots on target: 9 - 3
Shots off target: 18 - 10
Corners: 8 - 2
Offside: 4 - 4
Kartu kuning: 4 - 2
Kartu merah: 0 - 0. (bola/hsw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar